6 Cara Membuat Konten Youtube untuk Youtuber Pemula

  • Whatsapp
Cara Membuat Konten Youtube Pemula

Cara membuat konten youtube adalah sesuatu yang penting bagi kamu yang ingin menghasilkan uang yang banyak dari situs Youtube. Karena tidak boleh sembarangan kamu membuat konten youtube. Konten Youtube video yang tak menarik akan membuat orang akan ogah menonton video tersebut. Sebaliknya, dengan konten video yang baik dan menarik akan memudahkan bagi kamu untuk mendapatkan banyak subscriber dan jam tayang.

Menjadi seorang youtuber ataupun vlogger mempunyai konsekuensi sendiri yaitu ia harus konsisten dan rajin membuat konten video. Konten video yang mampu menarik perhatian orang untuk terus menontonnya. Karena menarik dan berguna bagi dirinya. Lalu bagaimanakah cara membuat konten youtube video yang demikian? Untuk itulah, pada artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat konten Youtube yang mampu viral dan ditonton banyak orang.

Read More

Profesi menjadi youtuber saat ini menjadi booming. Hal ini tak terlepas dari banyak youtuber sukses di Indonesia. Tak jarang mereka memperlihatkan penghasilan mereka ke khalayak umum. Yang membuat masyarakat tergiur mengikuti jejak mereka menjadi youtuber sukses dengan penghasilan milyaran rupiah.

Menjadi Youtuber Pemula

Cara Membuat Konten Youtube - Youtuber Pemula

Saat ini sangat mudah kamu temukan anak-anak muda yang bercita-cita menjadi seorang youtuber sukses. Karena profesi ini dinilai sebagai profesi yang menjanjikan dengan pekerjaan sehari-hari yang sangat mudah dan santai yakni cara membuat konten youtube. Setiap orang bahkan sampai anak kecil pun bisa membuat konten youtube.

Di tahun 2021 ini beberapa aplikasi android melambung tinggi pamornya. Seperti twitter, instagram dan paling populer adalah Youtube. Pamor Youtube semakin tinggi dengan tersedianya layanan Program Youtube Partner atau Adsense Youtube. Dengan mengikuti ini, seorang pengguna akun Youtube bisa mendapatkan uang dari Youtube sebagai content creator atau Youtuber.

Istilah-istilah baru lahir dari aplikasi yang populer ini. Seperti Youtuber yang merupakan istilah orang yang bermain aplikasi Youtube dan membuat konten video bagi Youtube. Kemudian sebelumnya sudah ada istilah selebtwitt yang berkenaan dengan selebriti twitter. Lalu ada pula istilah selebgram yang diistilahkan sebagai artis di aplikasi instagram.

Jika kamu memiliki cita-cita sebagai youtuber dengan penghasilan fantastis sampai milyaran rupiah maka itu bagus. Kamu dapat mewujudkan mimpi itu. Dengan langsung bertindak dan membuat channel Youtube. Pada tahun ini merupakan kesempatan emas bagi kamu yang mau jadi youtuber karena syarat yang dipenuhi tidak terlalu memberatkan. Yang penting kamu mengetahui cara membuat akun Youtube dan cara membuat konten youtube.

Syarat untuk menjadi youtuber dengan gaji bulanan sangat besar itu sangat mudah. Pertama, kamu harus mempunyai akun channel youtube yang mempunyai minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Kamu bisa mendapatkan syarat itu dengan mudah. Dengan cara membuat konten Youtube yang menarik, memikat dan bermanfaat.

Cara Membuat Konten Youtube

Cara Membuat Konten Youtube Pemula

Bagi kamu yang sudah terjun menjadi seorang youtuber dengan sudah memiliki sebuah channel atau akan merintis menjadi seorang youtuber maka perlu menguasai cara membuat konten video youtube yang menarik yang bisa berpotensial viral dan ditonton banyak orang. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini langkah-langkah cara membuat konten Youtube yang menarik, baik dan benar, antara lain:

1. Bisa Dibagikan (di-share)

Cara Membuat Konten Youtube - Share

Konten video youtube yang berkualitas bagus maka akan bisa dibagikan. Kamu perlu membuat suatu fitur yang mampu memudahkan orang untuk membagikan konten video kamu. Apalagi saat ini SEO youtube memberi peringkat video di hasil telusur Youtube berdasarkan jumlah share. Semakin banyak dishare videomu maka akan semakin baik peringkat videomu di hasil pencarian situs Youtube.

Berikut adalah manfaat video kamu mudah dibagikan, antara lain untuk mengenalkan channel Youtube kamu ke masyarakat luas. Sehingga video kamu banyak di-like, di-subscribe dan ditonton serta direkomendasikan kepada orang yang dikenalnya. Kamu bisa bertanya kepada sendiri video semacam apakah yang sering dan layak dibagikan kepada orang lain? Video semacam ini lebih mudah viral dan mendatangkan banyak subscribe dan jam tayang.

2. Ajak Partisipasi Penonton

Cara Membuat Konten Youtube - Ajak Partisipasi Penonton

Mereka yang menonton video kamu diusahakan jangan hanya sebatas menonton video. Namun kamu harus bisa mengajak mereka untuk berpartisipasi atau berkomentar atas video kamu. Karena hal ini akan lebih meningkatkan peringkat channel dan video kamu di hasil telusur Youtube. Yang membuat video kamu mudah ditemukan di Youtube dengan kata kunci yang ditargetkan.

Berbagai cara dapat dilakukan oleh kamu untuk membuat para penonton terlibat langsung dengan video kamu. Misalkan memberikan hadiah bagi mereka yang memberikan komentar terbaik. Adapun bentuk hadiahnya bisa voucher, uang, pulsa, aplikasi, subscribe, jam tayang, buku, hp dan lain sebagainya. Cara ini terbukti berhasil mendatangkan banyak partisipasi penonton untuk berkomentar karena adanya iming-iming hadiah.

Mengajak partisipasi penonton sangat penting bagi kamu. Apalagi kamu yang masih tahap pemula atau sedang membangun channel Youtube. Dengan memperhatikan penonton maka kamu dapat mengetahui apa keinginan penonton. Kamu dapat menperbaiki konten video kamu jika dianggap tidak bagus oleh penonton.

3. Konsistensi Tinggi

Cara Membuat Konten Youtube - Konsisten

Cara membuat konten youtube tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. Namun kamu harus mempunyai jadwal membuat konten video. Kamu dapat membuat konten video di Youtube satu hari sebanyak satu buah. Yang kemudian kamu upload di Youtube. Atau kalau yang lebih ringan satu minggu dua kali posting video youtube.

Konsistensi bukan hanya dari jadwal postingan konten youtube baru. Tapi juga konsisten terhadap tema channel yang kamu pilih. Pihak Youtube lebih menyukai channel Youtube yang fokus pada satu topik. Hal ini akan membuat channel youtube ini lebih mudah mendaftarkan channel Youtube ke Google adsense. Konsistensi menunjukkan keseriusan kamu dalam cara menghasilkan uang dari Youtube.

4. Ide Konten

Cara Membuat Konten Youtube - Ide Konten

Salah satu hal yang bisa membuat orang bingung dalam membuat konten video adalah ide. Seringkali seorang youtuber mengalami kehabisan ide. Tidak ada ide video yang bisa dibuatnya. Kalau kamu mengalami hal seperti ini maka kamu harus segera bertindak. Sebab ada banyak ide konten video yang bisa kamu buat. Untuk menambah ide terhadap konten yang akan kamu buat maka kamu bisa melihat channel youtube orang lain yang satu topik dengan channel youtube kamu.

5. Menentukan Target Penonton

Cara Membuat Konten Youtube - Menentukan Target Penonton

Kamu juga harus mengetahui siapa yang menjadi penonton channel kamu. Kalangan mana? Apakah kalangan anak-anak? Kalangan remaja atau ibu-ibu? Dengan mengetahui target penonton yang hendak kamu targetkan maka kamu bisa cara membuat konten Youtube berdasarkan bahasa dan penerimaan mereka. Misalkan kamu cara membuat konten youtube bisnis online maka yang kamu targetkan adalah kalangan remaja yang berusia 17 tahun ke atas yang tertarik menekuni bisnis online.

6. Menjaga Rutinitas

Cara Membuat Konten Youtube - Menjaga Rutinitas

Konten video youtube yang kamu buat haruslah dijaga keberlangsungan. Jangan sampai putus ditengah jalan. Youtuber yang sukses dengan penghasilan yang selangit melakukan demikian. Mereka selalu upload video terbarunya. Bahkan dalam satu minggu bisa mengupload 300 konten video tanpa henti. Teknik ini juga bermanfaat agar channel youtubenya selalu diingat oleh para pemirsa dan para penonton tak meninggalkan channel seperti ini.

Kebanyakan youtuber melakukan postingan konten video diawal sangat banyak. Namun ketika jumlah orang yang menonton sangat sedikit atau jumlah penonton setia masih bisa dihitung jari maka mereka semakin jarang upload konten video. Cara ini akan memperparah kondisi channel hingga ditinggalkan banyak pemirsa setiamu. Mereka mengharapkan setiap minggu atau setiap hari mendapatkan konten video youtube terbaru dari channel kamu.

Demikianlah cara membuat konten Youtube yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan dapat berguna bagi kamu semuanya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 889

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts